Pentingnya Psikolog Hadir di Sekolah, Ini Penjelasan Psikolog Lalu Julhaidir

Sab, 4 Nov 2023 12:46:09pm 228 author Metro Dompu
Screenshot_2023-11-04-20-39-30-64_6012fa4d4ddec268fc5c7112cbb265e7_1699101624234

Oleh: Firmansyah, S.Psi., M.MKes

Mendukung kemajuan belajar dan pengembangan diri bagi para siswa di sekolah dibutuhkan sinergitas semua pihak sesuai profesi dan keahliannya. Sinergitas itu dibutuhkan untuk membantu siswa dapat mengembangkan dirinya secara maksimal.

Adanya kemajuan yang dicapai para siswa dalam mengembangkan dirinya apakah berkaitan dengan prestasi akademik ataupun prestasi yang lainnya menjadi harapan bersama semua pihak.

Sekolah menjadi wadah yang baik dan tepat bagi para siswa untuk mengembangkan dirinya secara maksimal dan juga mendapatkan bekal menjadi generasi harapan bangsa dan daerah kedepannya.

Salah satu profesi yang juga diharapkan ketelibatannya untuk memberikan dukungan bagi kemajuan para siswa dalam mengembangkan dirinya secara maksimal di sekolah adalah Profesi Psikolog.

Mengapa Psikolog dibutuhkan kehadirannya di sekolah. Menyikapi kebutuhan ini Psikolog Lalu Yulhaidir yang juga Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Wilayah Nusa Tenggara Barat membeberkan beberapa alasan, diantaranya;

Ada 10-15 porsen permasalah di sekolah membutuhkan bantuan ahli dan profesional. Permasalahan tersier dengan resiko bermasalah secara akademik dan perilaku sebesar 15 porsen, permasalahan primer dengan indikasi siswa tanpa masalah akademik dan perilaku yang serius.

Sekitar 20 porsen anak membutuhkan layanan kesehatan mental dan sekitar 70-80 porsen pelayanan (service) dapat diberikan di sekolah. Jumlah anak dengan kebutuhan layanan psikologis juga tergolong tinggi yaitu sekitar 4-8 porsen anak usia 9-17 tahun mengalami gangguan psikologis.

Adanya permasalahan umum (common problem) seperti rendahnya motivasi belajar, kualitas pertemanan sebaya yang buruk, masalah kedisiplinan hingga kepermasalahan kronis seperti hambatan perkembangan, anak dengan kebutuhan khusus, droup-out sekolah dan masalah kekekerasan baik secara verbal, fisik, psikis, seksual maupun cyber.

Dari berbagai persoalan yang dibeberkan Psikolog Lalu Yulhaidir, kemudian menyebutkan pentingnya Psikolog hadir (Psikolog Goes To Shool) memberikan pelayanan psikologis kepada para siswa di sekolah.

Pengalaman pakteknnya selama lebih kurang 10 tahun dalam memberikan pelayanan psikologi di sekolah pria yang akrab disapa Mamiq Yul oleh teman sejawatnya ini mengungkapkan penting dan perlunya Psikolog hadir di sekolah.

“Psikolog hadir di sekolah untuk memberikan layanan psikologi yang membantu melakukan pengembangan pribadi, pengukuran, dan pemeriksaan psikologis siswa didik, guru, dan stakeholder sekolah”, katanya.

Lanjutnya menambahkan Psikolog di sekolah juga bisa membantu dalam program promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitasi untuk kondisi psikologis tertentu serta membantu sekolah dalam merancang, melaksanakan, dan mengawasi program pendidikan hingga penataan manajemen sistim organisasi sekolah.

Psikolog yang berpraktek di Biro Psikologi Terapan “Inspiring” Lombok ini kemudian menjelaskan ada beberapa hal penting yang bisa dilakukan Psikolog di sekolah.

“Di sekolah Psikolog dapat memberikan pelayanan diantaranya layanan pengembangan individu, layanan pengembangan kelompok, layanan pengembangan komunitas, dan  layanan pengembangan sistim dan organisasi sekolah”, jelasnya.

Diakhir Lalu Yulhaidir mengungkapkan ada beberapa program penting yang bisa ditawarkan Psikolog untuk dilaksanakan di sekolah. Beberapa program tersebut diantaranya:

Program assasmen kemandirian belajar, assasmen kesispan belajar / sekolah dan skirining penerimaan siswa baru, assasmen perkembangan siswa.

Assasmen kesulitan belajar, bimbingan karier, identifikasi siswa berkebutuhan khusus, intervensi permasalahan populer di sekolah, dan masih banyak lagi layanan psikologi lainnya.

“Untuk mendapatkan pelayanan psikologi sebagaimana yang disampaikan pihak sekolah dapat menghubungi atau bekerjasama dengan Psikolog yang ada”, tutupnya.

Demikian, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita semua terutama para orang tua dan guru untuk mengeliminir berbagai persoalan psikologi yang dialami siswa di sekolah sehingga memungkinkan mereka tumbuh kembang sebagaimana yang diharapkan. (*) 

===

Penulis: Konsultan Psikologi pada Lembaga Konsultasi dan Bimbingan Psikologi “Buah Hati”, juga sebagai Koordinator Sub Bagian Komunikasi Pimpinan Bagian Prokopim Setda Dompu dan aktif sebagai Anggota PPM Kabupaten Dompu.

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Mantap, Satresnarkoba Polres Dompu Sikat Habis 100 Gram Sabu dari Terduga Pelaku di Karijawa

Jum, 13 Sep 2024 09:12:44am

Dompu, metrodompu.com  - Tim Opsnal Sat Narkoba Polres Dompu lagi-lagi menunjukkan taringnya dengan garang mengungkap penguasaan narkotika seberat...

Anak Didik Terus Meraih Prestasi, Kepala MIN Dompu Mengaku Bangga

Jum, 6 Sep 2024 01:25:36pm

Dompu, metrodompu.com - Prestasi gemilang kembali ditorehkan oleh siswa dan siswi Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kandaidua. Sebelumnya, siswa...

Kejuaraan Catur Antar Pelajar Digelar

Jum, 6 Sep 2024 12:46:53pm

Kota Bima – Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Bima, pagi ini Jumat (6/9/2024) melaksanakan Kejuaraan Catur antar Pelajar se Kota...

Kalapas Klas IIB Dompu Berganti, H. A. Halik Dimutasi ke Papua Barat

Jum, 6 Sep 2024 12:29:46pm

Dompu, metrodompu.com - Jum'at, 6 Juni 2024 sekitar pukul 14.00 wita, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Dompu Berganti. Pergantian orang nomor...

LBH SAPU JAGAD Laporkan Dugaan Korupsi Pembanguan Kantor Gedung Kecamatan Miri

Kam, 5 Sep 2024 11:10:27pm

Indikasi Penyalahgunaan Anggaran Pembangunan Kantor Gedung Kecamatan Miri Dilaporkan Ke Inspektorat Sragen Sragen, metrodompu.com - Dewan Pimpinan...

Pengedar Sabu di Soritatanga Diciduk dan Digelandang ke Mapolres Dompu

Kam, 5 Sep 2024 11:28:34am

Dompu, metrodompu.com - Seorang pengedar sabu, diciduk Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Dompu, Selasa (3/9/2024) sekira pukul 21.45 Wita, di sebuah...

MPC Pemuda Pancasila Dompu Gelar MUSCAB

Ming, 1 Sep 2024 12:28:45pm

Dompu, metrodompu.com - Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Dompu, Minggu, (1/9/2024) pagi menggelar Muscab ke V Tahun 2024 di...

Pengumuman Berita Kehilangan Sertifikat Tanah

Sab, 31 Agu 2024 02:20:40am

Berita Kehilangan Sertifikat Tanah Telah hilang sebuah sertifikat tanah (Buku Tanah) dengan nomor seri 7146175 yang dikeluarkan oleh Kantor Agraria...

Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 79 di SMAN 2 Woja, Khidmat

Sab, 17 Agu 2024 11:45:32pm

Dompu, metrodompu.com - Pada peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79 tanggal 17 Agustus 2024, SMA Negeri 2 Woja melaksanakan upacara...

Sebanyak 319 Narapidana Lapas Dompu dapat Remisi dari Menkumham

Sab, 17 Agu 2024 11:07:19pm

Dompu metrodompu.com - Sebanyak 319 narapidana yang mendekam di lembaga pemasyarakatan kelas 2B Dompu Nusa tenggara Barat pada peringatan hari...

Berita Terbaru

Pengumuman Sertifikat Tanah Hilang

Rab, 18 Sep 2024 10:45:03am

Kriminal

Pendidikan

Visitor